Mahasiswa KKN FK UNS Mengadakan Program Sosialisasi Pencegahan Stunting di Desa Trombol

Mahasiswa KKN FK UNS Mengadakan Program Sosialisasi Pencegahan Stunting di Desa Trombol

Mahasiswa KKN FK UNS Kelompok 233 telah melaksanakan program sosialisasi dengan  tema pencegahan stunting. Program ini terdiri atas 4 kegiatan yaitu penyuluhan stunting, penyuluhan makanan pendamping ASI, penyuluhan anemia pada remaja, dan penyuluhan gizi seimbang, dan kursus ibu balita. Program ini mulai dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2023 hingga 10 Agustus 2023 di Desa Trombol, Sragen.

Tingginya kasus stunting di Desa Trombol mendasari diadakannya program sosialisasi pencegahan stunting. Warga Desa Trombol masih sangat minim literasi mengenai bagaimana bahaya stunting dan bagaimana pencegahannya. Program pencegahan stunting ini juga merupakan program prioritas Kecamatan Mondokan dan Desa Trombol.  Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Trombol mengenai bahaya stunting dan perlunya perubahan gaya hidup untuk mencegah stunting.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan berbagai macam model. Kegiatan penyuluhan stunting dilakukan bersamaan dengan kegiatan posyandu balita. Pemaparan materi stunting ditampilkan melalui Powerpoint dan leaflet yang dibagikan kepada peserta posyandu balita. Selain pemaparan materi, terdapat evaluasi materi berupa kuesioner pretest dan posttest untuk menilai media penyuluhan yang digunakan dan dampak dari penyuluhan tersebut. Kegiatan penyuluhan makanan pendamping ASI terdiri dari kegiatan penyuluhan menggunakan Powerpoint dan demonstrasi memasak makanan pendamping ASI. Kegiatan penyuluhan gizi seimbang dilakukan bersamaan dengan senam massal masyarakat Desa Trombol. Pada kegiatan penyuluhan anemia pada remaja, terdapat pemeriksaan hemoglobin darah pada remaja putri dan pemberian tablet tambah darah. Pada kurus ibu balita dilakukan penyuluhan menggunakan buku cerita yang menarik.

Program sosialisasi pencegahan stunting berjalan dengan lancar dan terdapat partisipasi yang tinggi oleh warga Desa Trombol. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi warga Desa Trombol mengenai stunting dan pencegahannya. Tujuan jangka panjang dari program ini adalah mengurangi kasus stunting di Desa Trombol. Semoga kedepannya terdapat program penyuluhan rutin mengenai stunting dengan model yang bervariasi sehingga literasi warga mengenai stunting meningkat dan dapat mengurangi kasus stunting di Desa Trombol secara signifikan.