Cegah Bahaya Kesehatan akibat Pestisida, Mahasiswa KKN 230 FK UNS Ajak Seluruh Petani Desa Karanglo Bertani dengan Aman

Cegah Bahaya Kesehatan akibat Pestisida, Mahasiswa KKN 230 FK UNS Ajak Seluruh Petani Desa Karanglo Bertani dengan Aman

(8/8/2023) Mahasiswa FK UNS yang tergabung dalam kelompok KKN 230 melakukan sosialisasi bahaya kesehatan akibat pestisida pada pertemuan rutin Gapoktan atau gabungan kelompok tani desa Karanglo. Kegiatan ini dilangsungkan di balai dukuh Sadakan Lor.

“Petani disini semuanya masih menggunakan pupuk yang mengandung unsur pestisida. Setelah kami mendapat sosialisasi ini kami tersadar akan bahaya dan dampak yang sedang kami hadapi bagi kesehatan. Kami juga diarahkan bagaimana bertani dengan aman, juga mengenai APD apa saja yang harus digunakan” ujar Sardi, S.Pd selaku ketua Gapoktan Desa Karanglo

Dibuka dengan pemaparan materi gambaran masalah kesehatan pada petani, bahaya pestisida bagi kesehatan, pentingnya menjaga kesehatan petani jangka pendek maupun panjang, hingga ajakan untuk bertani dengan aman menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab, diskusi, dan konsultasi langsung mengenai kesehatan dari para petani yang hadir.

Apresiasi disampaikan oleh para petani dan perangkat desa karena sudah menyadarkan dan mengajak para petani di desa Karanglo ini untuk lebih sadar akan kesehatannya sendiri dan beralih kepada cara bertani aman menggunakan APD yang standar.

Sosialisasi ini dilakukan oleh 10 mahasiswa KKN FK UNS kepada 25 warga Gapoktan yang merupakan perwakilan dari taruna tani di setiap dusun Desa Karanglo. Besar harapan dengan sosialisasi ini akan mengurangi keluhan kesehatan pada petani dan menaikan angka harapan hidup khususnya para petani di Desa Karanglo.