Tim KKN 313 UNS Gelar Edukasi Pola Makan, Motivasi Sekolah, PHBS, dan Screening Kesehatan Mental di Desa Mojorejo

Tim KKN 313 UNS Gelar Edukasi Pola Makan, Motivasi Sekolah, PHBS, dan Screening Kesehatan Mental di Desa Mojorejo

Mojorejo, 31 Agustus 2024 – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 313 Universitas Sebelas Maret melaksanakan program edukasi di tiga sekolah dasar di Desa Mojorejo, yakni SDN Mojorejo 1, SDN Mojorejo 2, dan SDN Mojorejo 3, dari tanggal 24 hingga 26 Agustus 2024. Program ini bertujuan untuk mencegah stunting dengan meningkatkan pengetahuan anak-anak kelas 4 hingga 6 mengenai pola makan yang sehat, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta dilakukan motivasi sekolah dan screening mental sebagai bentuk intervensi Anak Tidak Sekolah (ATS). Kegiatan yang telah dilaksanakan ini digunakan untuk memperkuat pengetahuan dan kesadaran siswa mengenai pentingnya pola makan sehat, kebiasaan hidup bersih, dan kesehatan mental. Dengan adanya edukasi ini, diharapkan anak-anak dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mereka.

Tim KKN 313 mengawali kegiatan dengan mengajak seluruh murid di sekolah untuk melakukan Senam Maumere bersama, yang dipimpin oleh Terra Saraswati dan Ivan Lucianto. Senam ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, stamina, serta kesehatan jantung dari anak-anak SD. Selain itu, senam ini juga meningkatkan antusias serta bonding antara Tim KKN 313 dengan anak-anak SD.

Dalam kegiatan Edukasi Pola Makan dan PHBS, Tim KKN 313 mengedukasi siswa mengenai pentingnya pola makan bergizi dan bekal sekolah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegiatan diawali dengan memisahkan anak-anak SD ke kelas masing-masing. Pada masing-masing kelas akan dibawakan presentasi melalui poster Pola Makan oleh Dhiyaa Fatin, Izzy Vicra, serta Terra Saraswati.  Mereka diberikan pemahaman tentang makanan sehat, gizi seimbang, dan dampak negatif dari kekurangan gizi yang dapat menyebabkan stunting. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang meliputi kebiasaan mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, bahaya merokok dan pentingnya air bersih. Sosialisasi PHBS dipimpin oleh Ivan Lucianto, Jessica Jasmine, dan Muhammad Naufal.

Motivasi sekolah juga menjadi salah satu fokus utama dalam program ini. Tim KKN 313 memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar dan mencapai cita-cita mereka. Selain itu, dilakukan screening mental untuk mengidentifikasi adanya masalah kesehatan mental yang mungkin dihadapi anak-anak, sehingga dapat diberikan dukungan dan intervensi yang tepat. Edukasi motivasi sekolah serta screening mental dibawakan oleh Jessica Valerie, Theravio Faizah, dan Tania Hadiwijaya.

Program ini mendapatkan sambutan positif dari pihak sekolah, orang tua siswa, dan siswa yang menyambut baik upaya meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan anak-anak di Desa Mojorejo. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk dinas kesehatan, dinas pendidikan maupun pihak sekolah.diharapkan tujuan mencegah stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak dapat tercapai secara maksimal.

Sambutan hangat dari kepala sekolah SDN Mojorejo 3 kepada tim KKN 313 saat akan memulai acara edukasi (Dokumentasi Tim KKN 313)

Senam pagi bersama Tim KKN 313 dengan anak-anak SD secara general dari kelas 1-6 (Dokumentasi Tim KKN 313).

Edukasi mengenai gizi seimbang menggunakan poster yang dilakukan di kelas 4, 5, 6 di kelas masing-masing yang didampingi oleh anggota Tim KKN 313 di setiap kelasnya

(Dokumentasi Tim KKN 313).

Penyampaian edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sesi diskusi grup (dokumentasi pribadi).

Anak-anak menyiapkan selembar kertas untuk melakukan screening kesehatan mental (dokumentasi pribadi).

Setiap kelas dibagi menjadi 3 kelompok untuk berdiskusi tentang ‘Isi Piringku’ dengan menempelkan beberapa jenis makanan ke dalam poster (dokumentasi pribadi).

Di akhir acara anak-anak diberikan jajanan tambahan yang berisi makanan dan minuman sehat, serta pemberian poster gizi seimbang dan poster isi piringku untuk ditempel di kelas.