Workshop daring untuk Pustakawan Kesehatan

Workshop daring untuk Pustakawan Kesehatan

Hits: 23

Pada hari Senin, 4 April 2022 jam 14.00-17.00 WIB Tim HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) Fakultas Kedokteran UNS mengadakan workshop daring untuk Pustakawan Kesehatan (Health Librarians) dengan tema “Finding Quality Open Access Sources”. Peserta workshop berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gajah Mada (UGM), National Institute of Public Health (NIPH) di Kamboja, University of Health Sciences (UHS) di Kamboja, Institute of Tropical Medicine (ITM) di Belgia, dan Maastricht University di Belanda. Pembicara dalam workshop hari pertama ini adalah Riah Wiratningsih, S.S., M.Si Ketua Divisi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi UPT Perpustakaan UNS.  Acara dibuka oleh Maria Zolfo, M.D., PhD, specialist in Infectious Diseases dari ITM Belgia.

Dalam kegiatan ini, dijelaskan materi mengenai apa itu Open Access Journal, bagaimana cara mengakses Open Access Journal pada Pubmed, Scopus dan Web of Science. Peserta terdiri dari pustakawan kesehatan serta staf pengajar dan akademik dari Fakultas Kedokteran terutama dalam bidang infeksi tropis.  Pustakawan kesehatan berperan penting dalam perantara pengetahuan dalam membantu staf akademik dan keperluan publikasi. Mengingat pentingnya pustakawan kesehatan, diperlukan pengembangan pengetahuan dalam Higher Education Institutions (HEIs). Agar dapat  mendukung pelayanan perpustakaan kesehatan yang berfungsi dengan baik, pustakawan kesehatan perlu diberikan pelatihan dalam pengelolaan platform online yang inovatif dan bagaimana mendukung kebutuhan staf (dan mahasiswa) dalam mengakses informasi kesehatan yang berkualitas terutama pada platform digital terbuka (Open Access Resources). Pada akhir materi, peserta diberikan 3 skenario kasus yang berkaitan dengan kedokteran tropis yaitu kasus tentang Leptospirosis, Malaria dan Tuberkulosis kemudian peserta diminta untuk melakukan pencarian secara langsung menggunakan keyword yang mereka tentukan sendiri dan dibandingkan pada ketiga platform (Pubmed, Scopus, dan Web of Science).

Kegiatan ini diadakan sebagai wujud kerja sama dalam proyek HITIHE antara UNS, UGM, ITM, NIPH, UHS, serta Maastricht University dalam membangun kapasitas pustakawan kesehatan dengan bertukar pengalaman pustakawan kesehatan setiap universitas dengan supervisor dari ITM Belgia dan Maastricht University Belanda. Kami berharap dengan lokakarya ini pustakawan kesehatan dapat mendukung staf pengajar dan akademik dalam manajemen informasi dan penulisan ilmiah serta mendukung dalam pengiriman tulisan ilmiah ke platform digital terbuka.

Workshop akan berlangsung dalam 3 sesi dan sesi kedua diselenggarakan pada 11 April 2022 dengan tema Finding a target journal for publication serta sesi ketiga pada 25 April 2022 dengan tema Digital Library/Institutional Repository.