“Sukseskan Program PISPK dan Pengendalian PTM : Dengan Meningkatkan kepatuhan Berobat, MengurangiKomplikasi dan Akupresur Pada Penderita Diabetes Mellitus (DM) dan Hipertensi”

“Sukseskan Program PISPK dan Pengendalian PTM : Dengan Meningkatkan kepatuhan Berobat, MengurangiKomplikasi dan Akupresur Pada Penderita Diabetes Mellitus (DM) dan Hipertensi”

Hits: 44

Riset Group Tropibio.com merupakan salah satu research group di FK UNS yang konsen pada penelitian dan pengabdian dibidang penyakit Tropikal, Biomolekuler dan Pengobatan Komplementer setiap tahunnya. Riset group ini juga mendukung program-program pemerintah, seperti seperti PISPK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM).

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) prevalensi DM dan hipertensi yang merupakan PTM masih tergolong tinggi prevalensinya di Indonesia pada tahun 2019, dan umumnya kasus banyak ditemukan di Puskesmas dibanding di Rumah Sakit. Puskesmas Nguter merupakan salah satu Puskesmas di Sukoharjo dengan prevalensi PTM yang perlu di kontrol. Disini Puskesmas Nguter dituntut harus mampu mengelola, memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien dalam mencapai indikator PISPK dan menangani DM.  Puskesmas melalui wadah pusat pembinaan terpadu (POSBINDU), Posyandu lansia dengan berbasis Program Penyakit Kronis (Prolanis) dibantu oleh kader kesehatan diharap bisa menyukseskan program pemerintah tersebut.

RG. Tropibio.com dalam rangka mendukung program PISPK dan pengendalian PTM, telah melakukan pengabdian dengan melakukan pendampingan kepada puskesmas dan kader yang dilaksanakan di kantor Kepala Desa Nguter. Pengabdian dilaksanakan dengan 3 sesi yaitu Presentasi interaktif tentang hipertensi, DM dan akupressur; Tanya jawab dan Praktik Akupresur bagi penderita DM dan Hipertensi. Pada Saat pelaksanaan kader sangat antusis dalam tanya jawab dan saat pelatihan akupresur, yang ini merupakan ilmu baru bagi kader, sehingga kader sangat tertarik. Salah satunya, kader jadi tahu bagaimana cara mengatur regulasi tekanan darah dengan titik Zusanli.