“Bersama Akademisi Kita Bisa : Mencegah Penyebaran Covid-19 Dengan Edukasi PHBS dan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Nguter Sukoharjo ”

“Bersama Akademisi Kita Bisa : Mencegah Penyebaran Covid-19 Dengan Edukasi PHBS dan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Nguter Sukoharjo ”

RG. Tropibio.com merupakan salah satu research group di prodi S1 Kedokteran FK UNS yang konsen melaksanakan penelitian dan pengabdian dibidang kesehatan dari tahun- ketahun. Saat pandemic Covid-19 ini RG.Tropibio.com secara aktif melaksanakan pengabdian dan penelitian terkait Covid-19.

Kita ketahui, bahwa kabupaten sukoharjo, merupakan salah satu kabupaten yang secara geografis terletak di sebelah selatan Universitas Sebelas Maret, yang mana menyumbangkan pasien covid-19 dengan jumlah saat ini mencapai lebih dari 4300 orang (corona kab sukoharjo, maret 2021).  Dalam upaya untuk memperlambat laju infeksi dan kematian, RG. Tropibio.com Bersama-sama Puskesmas Nguter Sukoharjo mengadakan Pengabdian Masyarakat untuk menanggulangi penyebaran kasus Covid-19 dengan Edukasi kepada Kader Kesahatan di Puskesmas Nguter Sukoharjo. Kita ketahui bahwa kader kesehatan merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah dalam mengedukasi, mendampingi masyarakat dalam hal kesehatan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh 47 kader dengan protokol kesehatan yang ketat. Selama kegiatan berlangsung, kader dinilai antusias dalam menyimak edukasi yang  ditampilkan  dalam  bentuk  presentasi power  point, para kader  juga  interaktif  dalam berdiskusi. Berdasarkan hasil pengabdian, terjadi peningkatan pengetahuan menjadi 63, dengan terlihat hampir 85% peserta pada materi PHBS dan vaksin Covid-19