OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PROFESI BAGIAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI FK UNS DI ERA PANDEMI COVID-19

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PROFESI BAGIAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI FK UNS DI ERA PANDEMI COVID-19

Latar Belakang

          Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil menerapkan agenda habituasi sebagai salah satu kurikulum pembentukan karakter Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pembelajaran agenda Habituasi berkaitan dengan mata pelatihan yang telah dipelajari mata pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer, Kesiapsiagaan Bela Negara, Akuntabilitas PNS, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi, Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Pelayanan Publik, serta Whole of Government.

          Penyusunan laporan aktualisasi ini didasarkan atas isu-isu pokok yang muncul pada unit kerja. Di awal tahun 2020, dunia dihadapkan pada bencana wabah pandemi COVID-19 di mana hampir seluruh negara di dunia telah melaporkan kasus positif COVID-19 begitu juga dengan Indonesia. Pandemi C0VID-19 menjadi masalah utama pada akhir – akhir ini. Bahkan pada bulan Maret, World Health Organization (WHO) telah mengumumkan bahwa Virus Corona merupakan pandemi global yang harus diselesaikan bersama – sama karena sudah meluas di setiap negara dan sudah banyak jatuh korban yang meninggal akibat virus tersebut. Dampak bencana pandemi COVID-19 ini bersifat multidimensional dan tersebar hampir di seluruh wilayah provinsi yang tidak hanya berdampak pada kesehatan tetapi juga berdampak pada bidang lainnya yaitu pendidikan, politik,  ekonomi, sosial budaya dan pertahanan dan keamanan. Permasalahan menjadi kompleks karena berbagai aspek ikut terdampak sehingga memerlukan berbagai upaya penataan, penyesuaian, dan perubahan yang cukup bermakna. Salah satu upaya pencegahan penularan adalah kebijakan belajar dan bekerja dari rumah (Work From Home). Masyarakat juga dianjurkan untuk melakukan physical distancing yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu cuci tangan.  Hal ini bertujuan mencegah dan memutus mata rantai penularan COVID-19.

Salah satu hal yang ikut terdampak adalah proses pendidikan di bidang Kedokteran. Ada dua aspek tidak terpisahkan dalam pendidikan kedokteran, yaitu pendidikan dan pelayanan kesehatan. Pendidikan di bidang Kedokteran menggunakan sistem pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan adanya pandemi COVID-19 ini menyebabkan berbagai perubahan di bidang pendidikan khususnya di Program Studi Profesi Dokter yang dilaksanakan di rumah sakit pendidikan.  Mayoritas perkuliahan diliburkan dan diubah menjadi kuliah daring. Namun ada bentuk pembelajaran yang sulit diubah menjadi bentuk daring yaitu proses pembelajaran dokter muda yang dilibatkan dalam penanganan pasien, mengikuti dokter senior dalam mengobservasi pasien, menyusun diagnosis, berkomunikasi dengan pasien dan tindakan medis lainnya.

Secara khusus tujuan dari aktualisasi ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Membuat video pembelajaran tentang pemeriksaan kehamilan sebagai bentuk optimalisasi pembelajaran program studi profesi bagian obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
  2. Membuat kuliah dengan pakar/ konsultan secara daring
  3. Membuat buku saku Obstetri dan Ginekologi sehingga nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan klinis di Poliklinik Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret
  4. Membuat draft untuk pembuatan buku referensi tentang COVID-19 dari berbagai spesialisasi

Kegiatan 1

Pembuatan Video Pembelajaran tentang Pemeriksaan Kehamilan

Membuat kuliah pakar secara daring

Pembuatan buku saku Dokter Muda Obstetri dan Ginekologi

Pembuatan draft buku referensi COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret