Adaptasi Pembelajaran Daring dengan Topik Manajemen Laktasi Rotasi Ilmu Kesehatan Anak

Adaptasi Pembelajaran Daring dengan Topik Manajemen Laktasi Rotasi Ilmu Kesehatan Anak


Untuk mencapai kompetensi sebagai dokter, mahasiswa diharapkan dapat melakukan konseling menyusui kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Manajemen laktasi adalah upaya yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan dalam menyusui. Manajemen laktasi sebaiknya sudah dilakukan sejak awal kehamilan hingga selama masa menyusui. Menyajikan pembelajaran daring yang menarik menjadi tantangan agar proses belajar tetap berjalan efektif. Rotasi Ilmu Kesehatan Anak merupakan salah satu rotasi wajib selama 8 minggu berisi tidak hanya teori tetapi juga sesi-sesi hands-on yang membutuhkan mahasiswa paham baik secara materi maupun praktek klinis.
Setelah menyimak video pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu melakukan konseling menyusui kepada pasien pada saat praktik di lapangan.

Adaptasi RPS topik Manajemen Laktasi dilakukan oleh pengampu rotasi Ilmu Kesehatan Anak oleh dr. Aisya Fikritama Aditya, Sp.A. Kegiatan adaptasi di antaranya dimulai dengan melakukan penyesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) agar sesuai dengan model pembelajaran yang dilaksanakan. Selanjutnya, menyusun bahan tayang dan video pembelajaran beserta materi pembelajaran dengan topik Manajemen Laktasi agar memudahkan mahasiswa dalam belajar. Semua bahan pembelajaran dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa Ilmu Kesehatan Anak melalui kelas virtual SPADA UNS.

Bagi mahasiswa lain, dapat pula mempelajarinya secara asinkron dengan mengakses link youtube Aisya Fikritama agar pembelajaran dengan tema Manajemen Laktasi dapat dipelajari secara lebih luas dan memberikan manfaat.

Tautan laman YouTube channel Aisya Fikritama:
https://youtu.be/-1DbzuHFoU4?si=VY25Vm6Es8nkmhng