Mahasiswa KKN FK UNS Adakan Lomba Hias Tumpeng Sehat Sebagai Usaha Pencegahan Stunting Desa Jenar

Mahasiswa KKN FK UNS Adakan Lomba Hias Tumpeng Sehat Sebagai Usaha Pencegahan Stunting Desa Jenar

Desa Jenar yang berlokasikan di Kabupaten Sragen tercatat merupakan satu-satunya desa tertinggal di Jawa Tengah berdasarkan Solopos edaran Mei 2022. Hal tersebut yang mendasari Desa Jenar menjadi salah satu desa tujuan penerjunan Mahasiswa KKN Fakultas Kedokeran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) angkatan 2019 yang berlangsung Bulan Juli hingga Agustus 2022. KKN tersebut memiliki tema besar yaitu pencegahan stunting.

Terdapat banyak program yang dilangsungkan oleh 10 mahasiswa KKN tersebut selama kurang lebih 1 bulan ditempatkan di Desa Jenar. Salah satu kegiatan yang baru saja dilaksanakan yaitu Lomba Hias Tumpeng Sehat dalam Rangka Mengurangi Angka Kejadian Stunting yang diadakan pada Hari Senin, 1 Agustus 2022. Lomba tersebut dilaksanakan dengan total undangan yaitu 18 RT, yang pada akhirnya tetap dihadirkan meriah dengan total kehadiran 14 RT. 

Rangkaian kegiatan dimulai pada siang hari yaitu pukul 13.00 waktu setempat. Lomba dimulai dengan berdoa bersama disertai sambutan dari perwakilan perangkat desa setempat. Selain untuk mengurangi angka kejadian stunting, lomba ini juga diadakan dalam rangka menjadi ajang silaturahmi mahasiswa KKN dengan warga setempat. Lomba berjalan meriah tanpa ada suatu hambatan apapun. Penilaian lomba dilakukan oleh 3 juri yaitu perwakilan dari perangkat desa, perwakilan dari puskesmas, serta perwakilan dari mahasiswa KKN. Poin yanh dinilai dari lomba ini yaitu kreativitas, rasa, dan harga yang minimal.

Harapan mahasiswa KKN kedepannya kegiatan ini dapat memotivasi warga setempat untuk lebih peduli akan asupan makan dengan gizi seimbang sehingga dapat mengurangi angka kejadian stunting di Desa Jenar.