CIMSA FK UNS Mendukung Pencegahan Penularan COVID-19 di SDN Ngoresan No. 80

CIMSA FK UNS Mendukung Pencegahan Penularan COVID-19 di SDN Ngoresan No. 80

ABC (Ayo Basmi COVID-19) merupakan aktivitas orisinal SCOPH CIMSA FK UNS dengan tujuan untuk menerapkan PHBS untuk mencegah COVID-19 kepada siswa/i Sekolah Dasar. ABC dimulai dengan pre-activity training pada tanggal 10 Januari 2022 yang dibawakan oleh pembicara dari IDI Surakarta, Dr. dr. M. Eko Irwanto Sp.DV dengan materi “Penerapan PHBS untuk Mencegah COVID-19”.

Pada tanggal 14 Januari 2022 ABC mengadakan penyuluhan secara luring di SDN Ngoresan No. 80. ABC mengajak 30 siswa SD untuk mengenal lebih jauh protokol kesehatan yang harus dilakukan selama pandemi COVID-19 baik di sekolah, rumah, serta ruang publik. Selain penyuluhan, ABC mengadakan Tenda SCOPH untuk pemeriksaan tekanan dan gula darah gratis untuk guru dan orang tua siswa. ABC juga mengadakan lomba menggambar dengan tema PHBS di masa pandemi COVID-19 sebagai metode follow-up, dan anak-anak antusias mengikuti lomba tersebut.

Kemudian pada tanggal 24 Januari 2022, kami mengadakan advokasi kepada pihak sekolah SDN Ngoresan No. 80 mengenai penerapan PHBS di lingkungan sekolah untuk mencegah COVID-19. Advokasi tersebut berdasarkan observasi langsung ke sekolah, serta didukung dengan Dokumen Kebijakan CIMSA Communicable Diseases dan Non-Communicable Diseases. Kepala sekolah Dyah Sapta Riani S.Pd mewakili SDN Ngoresan No. 80 menerima advokasi dan akan kami follow-up pada Februari mendatang. Kami berharap ABC bermanfaat bagi semua orang.