Adaptasi Pembelajaran Daring dengan Tema Interpretasi EKG pada Rotasi Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler

Adaptasi Pembelajaran Daring dengan Tema Interpretasi EKG pada Rotasi Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler

Untuk mencapai kompetensi di era pandemi COVID-19, pembelajaran mahasiswa yang disesuaikan dengan sistem pembelajaran on-off. Menyajikan pembelajaran daring yang menarik menjadi tantangan agar proses belajar tetap berjalan efektif. Rotasi kardiologi dan kedokteran vaskuler merupakan salah satu rotasi wajib 3 mingguan berisi tidak hanya teori tetapi juga sesi-sesi hands-on yang membutuhkan mahasiswa paham baik secara materi maupun praktek klinis. Adanya sistem pembelajaran on-off menyebabkan waktu tatap muka menjadi berkurang. Oleh karena itu, perlu adanya adaptasi pembelajaran secara daring agar mahasiswa memperoleh kecapaian lulusan kompetensi meskipun dilaksanakan secara daring.

Adaptasi dilakukan oleh pengampu rotasi Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler oleh dr. Risalina Myrtha, SpJP dan rekan-rekan dosen lainnya di bagian Jantung. Kegiatan adaptasi di antaranya dimulai dengan melakukan penyesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) agar sesuai dengan model pembelajaran yang dilaksanakan. Selanjutnya, menyusun bahan tayang dan video pembelajaran dengan tema Interpretasi EKG agar memudahkan mahasiswa dalam belajar. Semua bahan pembelajaran dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa rotasi Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler melalui kelas virtual SPADA UNS.

Bagi mahasiswa lain, dapat pula mempelajarinya secara asinkron dengan mengakses link youtube Risalina Myrtha agar pembelajaran dengan tema Interpretasi EKG dapat dipelajari secara lebih luas dan memberikan manfaat.

Tautan laman YouTube channel Risalina Myrtha: https://www.youtube.com/channel/UChhSZn-wLWw2NnOwkNxMpcg

Berikut tautan video pembelajaran yang ada di YouTube: