Seminar dan Workshop Artificial Intelligence For Education

Seminar dan Workshop Artificial Intelligence For Education

Hits: 297

Seminar dan Workshop Artificial Intelligence for education diselenggarakan tanggal 10 September 2019, di Program Studi Kedokteran FK UNS dengan Pembicara dr Penggalih Mahardika Herlambang MKom  dari Perkumpulan Sinergi Sehat Indonesia  dan Sutrisno, S.T., MSc, PhD dari Fakultas Teknik UNS Seminar tersebut diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen S1 Kedokteran serta peserta dari Luar UNS misalnya Universitas Duta Bangsa, Poltekes Surakarta, STIKES Ponorogo, STIKES Karanganyar dll. Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI adalah kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel. Sistem ini memiliki kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Penggunaan AI dalam pembelajaran di bidang kesehatan dapat digunakan untuk membuat bahan ajar, membuat simulasi keterampilan tertentu, membuat soal dalam bentuk suara ,aupun gambar secara 3 dimensi. Hal ini sangat berguna dan membantu dosen untuk pembelajaran e-learning.

Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menggugah minat dosen untuk mengembangkan bahan ajar berbasis AI dan meningkatkan kegiatan e-learning dalam pembelajaran. Tujuan dari Seminar dan Workshop adalah:

  1. Mengenalkan tentang Artificial Intelligence dan aplikasinya secara umum.
  2. Mengenalkan tentang Artificial Intelligence dan aplikasinya dalam pembelajaran.
  3. Melatih dosen untuk membuat bahan ajar berbasis Artificial Intelligence.