Seminar Nasional

Seminar Nasional

PEMBELAJARAN ANATOMI (KEDOKTERAN) DI MASA PANDEMI DAN MASA DEPAN : TANTANGAN DAN PELUANG

Pandemi Covid 19 telah mengubah kehidupan kita termasuk dunia Pendidikan Kedokteran. Salah satu yang terdampak adalah pembelajaran anatomi kedokteran. Lazimnya belajar Anatomi kedokteran menggunakan cadaver dalam pembelajaran namun kondisi pandemi telah mengubah semuanya. Diperlukan berbagai upaya, ide dan kreativitas agar pembelajaran anatomi kedokteran bisa berjalan baik dan menarik. Acara seminar nasional dilaksanakan pada hari rabu, 14 Oktober 2020 secara luring dan daring. Acara dihadiri lebih dari 125 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia terutama para dosen Anatomi Kedokteran yang terhimpun dalam Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PAAI). Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr, SpP (K) yang menyampaikan bahwa Pendidikan kedokteran harus terus berlangsung dengan baik dan tidak boleh memperpang waktu studi mahasiswa. Perlu usaha keras untuk Pendidikan klinik dan preklinik agar Pendidikan berjalan baik, efektif dan efisien.

Pembicara yang hadir adalah :

  1. dr  Zainuri Sabta Nugraha, MSc dari Departeman Anatomi FK UII,  yang membahas tentang pentingnya belajar anatomi bagi mahasiswa kedokteran dan di masa pandemic ini perlu upaya agar pembelajaran anatomi berjalan efektif.
  2. Nur Arfian, dr, PhD dari Departemen Anatomi FKKMK UGM, yang membahas upaya kreatif, inovatif dan entertaining sehingga mahasiswa bisa belajar secara enjoy dan menarik
  3. Fendi Aji Purnomo, S.Si, M.Eng dari Prodi D3 Informatika Sekolah Vokasi UNS yang membahas tentang teknologi Virtual reality untuk pembelajaran Anatomi. Fendi juga memperkenalkan dan mendemonstrasikan aplikasi VR Anatomart┬« yaitu aplikasi virtual reality untuk anatomi yang diproduksi oleh kerjasama Laboratorium Anatomi FK UNS dengan Prodi D3 Informatika Sekolah Vokasi UNS, yang saat ini masih terus dikembangkan.

Setelah paparan materi dilanjutkan diskusi yang berlangsung seru dan antusias.